Monday, December 1, 2008

Do You Have Any Health Information...?

Do You Have Any Health Information...?



Hi, this article just for share. Do you have any health information? Just write down at list comment after this article. Thank you.

dr. Monte Selvanus

7 comments:

  1. 27 Produk Kosmetik Berbahaya Ditarik Dari Peredaran
    27 Nov 2008
    www.depkes.go.id

    Berdasarkan hasil investigasi dan pengujian laboratorium Badan POM RI tahun 2007 terhadap kosmetik yang beredar, ditemukan 27 merek kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti Merkuri (Hg), Asam Retinoat (Retinoic Acid), Zat Warna Rhodamin (Merah K.10 dan Merah K.3). Ke 27 merek tersebut, 11 diantaranya berasal dari luar negeri seperti Jepang dan China, 8 produk dari lokal, dan 8 lainnya tidak jelas asal-usulnya. Saat ini sebanyak 3555 produk kosmetik telah ditarik dari peredaran oleh seluruh Balai POM karena berbahaya terhadap kesehatan seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 445/MENKES/PER/V/1998 tentang bahan, zat warna, substratum, zat pengawet dan tabir surya pada kosmetik dan Keputusan Kepala Badan POM No. HK.00.05.4.1745 tentang kosmetik.

    Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dr. Husniah Rubiana Thamrin Akib, MS, MKes, SpFK dalam konferensi pers tentang public warning kosmetik mengandung bahan berbahaya dan zat warna yang dilarang, Rabu, 26 November 2008, di Badan POM RI Jakarta.

    Menurut dr. Husniah, efek samping dari Merkuri (Hg) dapat menimbulkan perubahan warna kulit yang menyebabkan bintik-bintik hitam, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan saraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin, bahkan dalam jangka pendek dengan dosis tinggi menyebabkan muntah-muntah, diare, kerusakan ginjal, dan merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia. Sedangkan Asam Retinoat (Retinoic Acid) dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, dan teratogenik (cacat pada janin). Bahan pewarna Merah K.10 (Rhodamin B) dan Merah K.3 merupakan zat warna sintetis yang umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta yang dapat menyebabkan kanker dan kerusakan hati.

    dr. Husniah menyebutkan, merek kosmetik berbahaya tersebut yaitu DOCTOR KAYAMA whitening day cream, DOCTOR KAYAMA whitening night cream, MRC Putri Salju Cream, MRC PS Crystal Cream, Blossom Day Cream, Blossom Night Cream, Cream malam, Day Cream Vit E Herbal, LOCOS anti fleck vit E&Herbal, Night cream vit E Herbal, Kosmetik IBU SARI krim siang, IBU SARI krim malam, MEEI YUNG (putih), MEEI YUNG (kuning), NEW RODY Special (putih), NEW RODY Special (kuning), SHEE NA Whitening Pearl Cream, AILY Cake 2 in 1 Eye Shadow “01”, BAOLISHI Eye Shadow, CAMEO Make Up Kit 3 in 1 Two Way Cake & Multi Eye Shadow&Blush, CRESSIDA Eye Shadow, KAI Eyes Shadow&Blush on, MEIXUE YIZU Eye Shadow, NUOBEIER Blusher, NUOBEIER Blush on, NUOBEIER Pro-make up Blusher No. 5, dan SUTSYU Eye Shadow.

    dr. Husniah mengimbau, kepada masyarakat yang terkena risiko akibat penggunaan kosmetik tersebut, agar melaporkan kepada Badan POM RI di Jakarta atau Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia, dan Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM RI (nomor telepon 021- 426 3333).

    Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon/faks: 52907416, 52921669, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id.

    ReplyDelete
  2. Diabetes Mellitus Ancaman Umat Manusia di Dunia
    14 Nov 2008

    Diabetes Mellitus (DM), kini menjadi ancaman yang serius bagi umat manusia di dunia. Pada tahun 2003, Organisasi Dunia (WHO) memperkirakan 194 juta jiwa atau 5,1% dari 3,8 milyar penduduk dunia usia 20 - 79 tahun menderita DM dan pada tahun 2025 diperkirakan meningkat menjadi 333 juta jiwa. Pada tahun yang sama International Diabetes Foundation (IDF) memperkirakan prevalensi DM dunia adalah 1,9% dan menjadikan DM sebagai penyebab kematian urutan ke-7 dunia.

    Itu sebabnya Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) dalam press release tanggal 20 Desember 2006 menetapkan tanggal 14 November sejak tahun 2007 sebagai Hari Diabetes Dunia (World Diabetes Day). Diharapkan semua anggota PBB termasuk Indonesia mendukung resolusi PBB tersebut dalam rangka mengendalikan diabetes mellitus.

    Sebagai tindak lanjut resolusi PBB tersebut, hari ini (14/11) Departemen Kesehatan memperingati Hari Diabetes Sedunia dengan melakukan berbagai kegiatan antara lain ” Seminar Sehari dengan tema Pengendalian Faktor Risiko dan Penatalaksanaan Diabetes Mellitus” di Kantor Depkes Jakarta.

    Menurut dr. Yusharmen, D.CommH, M.Sc, Direktur Pengandalian Penyakit Tidak Menular (PTM) Depkes menyatakan, menurut perkiraan WHO, penderita diabetes di Indonesia juga mengalami kenaikan dari 8,4 juta jiwa pada tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta jiwa pada tahun 2030. Tingginya angka kesakitan tersebut menjadikan Indonesia menduduki rangking ke-4 dunia setelah Amerika Serikat, India, dan China (Diabetes Care 2004).

    Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) memberi gambaran terjadinya peningkatan prevalensi DM dari tahun 2001 sebesar 7,5% menjadi 10,4% pada tahun 2004. Sementara itu hasil survei BPS tahun 2003 menyatakan bahwa prevalensi DM mencapai 14,7% di perkotaan dan 7,2% di pedesaan.

    Menurut Dr. Yusharmen, peningkatan prevalensi Diabetes seiring dengan peningkatan faktor risiko yaitu obesitas (kegemukan), kurang aktivitas fisik, kurang konsumsi serat, tinggi lemak, merokok, hiperkolesterol, hiperglikemia dan lain-lain.

    ”Prevalensi faktor risiko DM dari 2001-2004 yaitu : obesitas dari 12,7% menjadi 18,3%. Hiperglikemia dari 7,9% menjadi 11,3% dan hiperkolesterol dari 6,5% menjadi 12,9%. Sedangkan berdasarkan survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 200, prevalensi merokok di Indonesia sebesar 31,8% meningkat menjadi 32% pada tahun 2003 dan 35% di tahun 2004”, ujar dr. Yusharmen.

    Diabetes atau kencing manis, kata dr. Yusharmen adalah penyakit metabolisme yang ditandai tingginya kadar gula dalam darah. Penyakit ini juga sering disebut dengan the great imitator karena dapat menyerang semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai keluhan. Penyakit ini timbul perlahan-lahan, sehingga seseorang tidak menyadari berbagai perubahan dalam dirinya.

    DM ditandati dengan gejala : banyak minum (mudah haus), banyak kencing 3-4 kali terutama pada malam hari, banyak makan (mudah lapar), mudah lelah serta kadang-kadang mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Diagnosis Diabetes ditegakkan bila seseorang memiliki gejala-gejala tersebut dan pada pemeriksaan glukosa darah sewaktu hasilnya lebih besar dari 200 atau pada pemeriksaan gula darah puasa (minimal 8 jam) hasilnya lebih dari 126, ujar dr. Yusharmen.

    Penyebab Diabetes cenderung diturunkan, bukan ditularkan. Anggota keluarga Diabetes memiliki kemungkinan besar terserang penyakit ini dibandingkan dengan anggota keluarga yang tidak menderita diabetes. Selain itu diabetes juga dapat disebabkan oleh virus seperti rubela, mumps dan human coxsackievirus B4, tambah dr. Yusharmen.

    Diabetes dapat dikendalikan antara lain dengan kontrol gula darah secara teratur, makan dengan gizi seimbang dan terencana, tidak merokok karena merokok dapat mengakibatkan kondisi yang tahan terhadap insulin, dan berolah raga secara teratur seperti berjalan kaki dan lain-lain.

    Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Setjen Depkes RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi telp./fax. 52921669 atau email puskom.publik@yahoo.co.id.

    ReplyDelete
  3. SEPUTAR MASALAH KEPUTIHAN (vaginal discharge - LEKORE)
    Oleh Dr. Soffin Arfian, SpOG
    http://pkusolo.wordpress.com/


    Masalah keputihan sering terjadi pada wanita dan menyebabkan rasa tidak nyaman :

    · Kebanyakan wanita menghasilkan lendir pada pertengahan siklus haid, yaitu kurang lebih dua minggu setelah haid selesai. Ini bertepatan dengan waktu ovulasi (pengeluaran telur) dari ovari ( Indung Telur ). Hal ini dapat menyebabkan vagina sedikit lembab dan kondisi ini tergantung dari banyaknya jumlah hormon estrogen yang dikeluarkan.

    · Selama hamil, cairan yang keluar mungkin lebih sering dan banyak.

    · Pengguna alat IUD juga lebih rentan terhadap keputihan dan menyebabkan cervical erosion dan merasa ‘basah’.

    · Sewaktu wanita terangsang secara sexual dan waktu selesai hubungan kelamin juga didapatkan cairan vagina yang keluar.

    · Keadaan yang sama dapat juga terjadi ketika menghadapi tekanan perasaan (stress).

    · Wanita yang mengidap kencing manis lebih sering mengalami masalah ini.

    · Keputihan juga dapat terjadi bila vagina terpapar bahan-bahan seperti spermicida, pewangi dsb.

    · Pria juga dapat mengalami “ Keputihan “.

    · Mempengaruhi kemesraan hubungan seks.

    Pengeluaran cairan ini adalah hal yang normal dalam beberapa keadaan. Biasanya cairan tersebut agak jernih (atau sedikit putih), lembut (licin) dan tidak berbau. Cairan ini berubah warna menjadi sedikit kuning bila terpapar kepada udara atau bila ia kering. Sebenarnya keadaan ini menyebabkan vagina “sehat” dan berupaya mempertahankan keasaman vagina.

    Keputihan ( Discharge ) yang tidak normal

    Tanda yang mudah dilihat untuk menentukan cairan vagina yang tidak normal ialah dengan adanya perubahan pada warna, jumlah dan bau cairan tersebut. Ia juga menyebabkan rasa gatal yang amat sangat, di samping vagina menjadi merah, rasa pedih atau rasa terbakar sewaktu kencing dsb.

    Penyebab utama keputihan adalah kuman bakteri, parasit atau jamur.

    Infeksi Jamur Candida

    Adalah masalah keputihan yang paling sering terjadi, disebabkan oleh sejenis jamur yang disebut Candida seperti Candida albicans. Cairan yang dikeluarkan adalah pekat berwarna putih. Penderita akan mengalami gatal di vagina di samping menghadapi masalah tidak nyaman sewaktu buang air kecil atau sewaktu mengadakan hubungan intim.

    Jamur ini memang secara normal ada dalam vagina tetapi ia tidak menyebabkan masalah apa-apa. Hal ini disebabkan oleh karena pertumbuhannya di”saingi” oleh bakteri yang juga menduduki tempat yang sama sehingga terjadi “Keseimbangan”.

    Masalah akan mulai timbul bila minum antibiotik yang membunuh bakteria tetapi tidak membunuh jamur atau pencucian vagina dengan bahan-bahan yang menyebabkan bakteri mati secara berlebihan. Hal ini menyebabkan jamur tersebut berkembang dengan cepat karena tidak ada lagi saingannya.

    Obat yang digunakan adalah anti jamur yang dapat di minum ( oral ) atau obat bentuk ovula yang dimasukkan kedalam vagina ( suppositoria ). Obat ovula ini dimasukkan dalam vagina sedalam mungkin dan digunakan sebelum tidur.

    Infeksi bakteri seperti Gardnerella

    Sama seperti Infeksi jamur tetapi discharge biasanya berwarna putih atau kekuningan dan berbau seperti bau ikan. Penggunaan antibiotik baik secara oral ataupun ovoid dapat digunakan.

    Infeksi Penyakit Menular Seksual

    Infeksi yang disebabkan oleh hubungan kelamin memerlukan perawatan yang perlu dilakukan kepada kedua pasangan, baik pasangan tersebut menunjukkan tanda-tanda infeksi atau tidak. Penyakit ini bila tidak mendapatkan penanganan yang segera dan baik dapat menyebabkan infeksi pada saluran kencing dan juga kemandulan.

    Penyebabnya antara lain infeksi parasit Trichomonas, Chlamydia, virus Herpes dan bakteria Gonorrhoea. Trichomonas dan Chlamydia menyebabkan rasa gatal dan pedih. Selain itu discharge tidak berwarna tetapi berbau busuk. Infeksi kuman Gonorrhoea juga menyebabkan discharge yang berwarna kehijauan ataupun gelap.

    Langkah-langkah Pencegahan

    · Kebersihan diri hendaklah diutamakan. Basuh tangan sebelum dan setelah menyentuh alat kelamin.

    · Setelah buang air besar, bersihkan dari bagian depan ke belakang, agar kuman dari belakang tidak berpindah ke vagina.

    · Penggunaan vaginal douche seperti Lactacyd dsb. boleh dilakukan untuk memastikan kebersihan vagina. Penggunaan yang terlalu sering tidak dianjurkan karena dapat membunuh ‘bakteria baik’ yang ada di vagina. Douching tidak dianjurkan selama hamil.

    · Dianjurkan untuk memakai celana dalam yang baik sirkulasi udaranya (katun 100%) serta ganti celana dalam dengan teratur. Bisa juga memakai pembalut khusus untuk ini, yang biasa disebut panty liner, namun ingat untuk sering menggantinya.

    · Apabila terasa gatal, hindari pemakaian sabun, tetapi cuci dengan bersih memakai air hangat. Meski rasa gatal sangat kuat, hindari mencuci sampai bagian dalam vagina, karena ini akan menghilangkan bakteri yang berguna sehingga akan meningkatkan pertumbuhan bakteri yang memiliki efek negatif atau jamur. Jadi cukup cuci dan siram dengan air hangat bagian luar saja.

    Perlu Waspada Lebih Lanjut Bila :

    · discharge disertai dengan rasa sakit perut. Kemungkinan PID (pelvic inflammatory disease) perlu ditentukan.

    · Terjadi pada anak yang belum akil baligh.

    · tidak pulih dalam waktu 2 minggu, atau ia menjadi semakin berat.

    · Dicurigainya penyakit kelamin.

    · Pemakai IUD, karena ada risiko infeksi kuman.

    · ada darah sewaktu buang air kencing.

    · Kemungkinan Discharge Keganasan ( Kanker Mulut Rahim ).

    · Wanita yang sudah menopause mengalami kekeringan vagina. Epitel vagina menjadi lebih tipis dan lembut, menyebabkannya cenderung terjadi masalah seperti luka dsb. Hal ini terjadi karena perubahan hormon di dalam tubuh mereka. Keputihan yang terjadi dipanggil atrophic vaginitis. HRT ( Terapi Sulih Hormon ) mungkin diperlukan.

    ReplyDelete
  4. Orangtua yang Tidak Mengimunisasi Balitanya, Bisa Dipenjara

    Tujuh Orang Sekeluarga di Depok, Lumpuh Layuh

    JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan sweeping selama satu minggu mulai 1 Juni 2005 untuk mencari balita yang belum mendapat vaksinasi polio.

    "Kami akan sweeping dari rumah ke rumah untuk mencari balita yang belum mendapat imunisasi polio. Tujuannya agar tidak ada balita diDKI yang tidak mendapat imunisasi polio," kata Kepala Dinkes DKI Jakarta, Chalik Masulili, dalam jumpa pers di Balai Kota, Senin (30/5).

    Karena bersifat wajib, lanjutnya, orangtua yang tidak membawa balitanya untuk mendapat imunisasi polio, dapat dikenai sanksi sesuai Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Penanggulangan Wabah. Sanksi yang diberikan dapat berupa denda sampai ancaman kurungan penjara selama satu tahun.

    Menurut dia, tindakan sweeping merupakan bagian dari program imunisasi polio massal yang dilakukan serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta pada 31 Mei 2005. Sweeping akan dilakukan berdasarkan data balita di tiap RT yang sudah mengikuti program imunisasi polio massal sehingga mudah untuk mendeteksi balita mana yang belum mendapat vaksinasi polio.

    Chalik mengatakan, program imunisasi polio massal yang dilakukan Pemprov DKI wajib diikuti semua balita, baik yang sudah mendapat imunisasi polio maupun belum. Pasalnya, pelaksanaan imunisasi polio massal kali ini, bersifat territorial yang bertujuan untuk memblokir penyebaran virus polio di Jakarta.

    Terkait dengan itu, balita yang sudah mendapat imunisasi polio di rumah sakit atau klinik, tetap wajib mengikuti imunisasi polio massal. orangtua tidak perlu khawatir balitanya akan kelebihan dosis karena vaksin polio yang digunakan sangat aman.

    Chalik juga mengatakan, anggaran yang dikeluarkan Pemprov DKI untuk pelaksanaan program imunisasi massal hanya sebesar Rp 2,94 miliar.

    Sebelumnya, Pemprov DKI menyiapkan dana Rp 10 miliar yang diambil dari dana tidak terduga APBD 2005 untuk pelaksanaan program imunisasi massal.

    "Dana yang terpakai untuk program imunisasi massal yang akan dilaksanakan dua kali, hanya Rp 2,94 miliar. Soalnya, vaksinasi dan buku petunjuk untuk pelaksanaan imunisasi polio kami peroleh secara cuma-cuma dari Departemen Kesehatan dan Unicef," kata Chalik.

    Dia mengungkapkan, dana Rp 2,94 miliar itu, digunakan untuk membayar transportasi dan konsumsi petugas, pendirian pos imunisasi, dan pendataan serta penyusunan laporan terkait program imunisasi polio massal.

    Chalik menjelaskan, untuk pelaksanaan program imunisasi polio massal, pihaknya telah mendirikan 8.028 pos pelayanan.

    Di setiap tiga RT, terdapat satu pos, bahkan di terminal bus dan stasiun kereta api. Sebanyak 40.140 petugas sudah disebarkan. Setiap pos pelayanan akan diisi lima petugas. Sedangkan jumlah balita yang sudah terdata mencapai 705.200. "Ada kemungkinan jumlah balitanya meningkat," kata Chalik.

    Lumpuh

    Sementara itu, tujuh anggota keluarga Amin (70), yang berdomisili di Parung Poncol RT 05/02, Kelurahan Duren Mekar, Sawangan, Depok, lumpuh layuh tanpa diketahui pasti apakah mereka terserang virus polio atau tidak.

    H Mad Khotib, Lurah Duren Mekar, Kecamatan Sawangan Depok membenarkan hal tersebut kepada wartawan ketika berkunjung ke sana baru-baru ini.

    Tujuh anggota dari satu keluarga tersebut kini berusia antara 17 hingga 55 tahun. Mereka adalah Sadiah (55) mulai lumpuh sejak tahun 1973 ketika berusia 23 tahun, Marfuah (39) lumpuh tahun 1984 lalu ketika berusia 18 tahun, Suryadi (36) lumpuh tahun 1980 saat berusia 11 tahun, Hoerudin (31) lumpuh sejak tahun 1988 ketika usia 14 tahun, Tabroni (28) lumpuh sejak tahun 1988 ketika usia 11 tahun, Kholid (25) lumpuh tahun 1993 lalu ketika berusia 13 tahun, dan Nyai Latifah (17) lumpuh sejak tahun 1996 lalu ketika berusia 8 tahun.

    Kabag Infokom Pemkot Depok, Sudrajat mengatakan kepada Pembaruan, Senin (30/5), pejabat Wali Kota Depok, Warma Sutarman sudah mengunjungi keluarga Amin di Sawangan dan memberikan sejumlah bantuan.

    "Memang betul, keluarga Amin terkena lumpuh layuh, namun masih perlu diteliti secara khusus apakah penyebab kelumpuhan itu. Yang pasti, kasus keluarga itu sudah mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota Depok", katanya.

    Sementara itu, mulai hari ini, Selasa (31/5), sejak pagi hingga sore, secara serentak di enam kecamatan Kota Depok diselenggarakan Pekan Imunisasi Regional secara massal bagi anak-anak usia 0-59 bulan.

    Sebanyak 142.711 anak balita Kota Depok diperkirakan akan mengikuti imunisasi polio yang akan digelar di 957 Posyandu dan tempat-tempat keramaian seperti pasar atau terminal. (J-9/R-8)

    ReplyDelete
  5. Mengajar Bayi Membaca - Metode Glenn Doman
    Posted by Dokter Sehat in Artikel Pilihan, Bunda & Anak on 11 20th, 2008

    Membaca merupakan salah satu fungsi tertinggi otak manusia dari semua makhluk hidup di dunia ini, cuma manusia yang dapat membaca. Membaca merupakan fungsi yang paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Anak-anak dapat membaca sebuah kata ketika usia mereka satu tahun, sebuah kalimat ketika berusia dua tahun, dan sebuah buku ketika berusia tiga tahun dan mereka menyukainya.
    Tahun 1961 satu tim ahli dunia yang terdiri atas, dokter, spesialis membaca, ahli bedah otak dan psikolog mengadakan penelitian “Bagaimana otak anak-anak berkembang?”. Hal ini kemudian berkembang menjadi satu informasi yang mengejutkan mengenai bagaimana anak-anak belajar, apa yang dipelajari anak-anak, dan apa yang bisa dipelajari anak-anak.
    Hasil penelitian juga mendapatkan, ternyata anak yang cedera otak-pun dapat membaca dengan baik pada usia tiga tahun atau lebih muda lagi. Jelaslah bahwa ada sesuatu yang salah pada apa yang sedang terjadi, pada anak-anak sehat, jika di usia ini belum bisa membaca.

    Penelitian tentang Otak Anak
    Bagi otak tidak ada bedanya apakah dia ‘melihat’ atau ‘mendengar’ sesuatu. Otak dapat mengerti keduanya dengan baik. Yang dibutuhkan adalah suara itu cukup kuat dan cukup jelas untuk didengar telinga, dan perkataan itu cukup besar dan cukup jelas untuk dilihat mata sehingga otak dapat menafsirkan. Kalau telinga menerima rangsang suara, baik sepatah kata atau pesan lisan, maka pesan pendengaran ini diuraikan menjadi serentetan impuls-impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang bisa melihat untuk disusun dan diartikan menjadi kata-kata yang dapat dipahami.
    Begitu pula kalau mata melihat sebuah kata atau pesan tertulis. Pesan visual ini diuraikan menjadi serentetan impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang tidak dapat melihat, untuk disusun kembali dan dipahami. Baik jalur penglihatan maupun jalur pendengaran sama-sama menuju ke otak dimana kedua pesan ditafsirkan otak dengan proses yang sama.

    Dua faktor yang sangat penting dalam mengajar anak:
    1. Sikap dan pendekatan orang tua
    Syarat terpenting adalah, bahwa diantara orang tua dan anak harus ada
    pendekatan yang menyenangkan, karena belajar membaca merupakan
    permainan yang bagus sekali.
    Belajar adalah:
    - Hadiah, bukan hukuman
    - Permainan yang paling menggairahkan, bukan bekerja
    - Bersenang-senang, bukan bersusah payah
    - Suatu kehormatan, bukan kehinaan
    2. Membatasi waktu untuk melakukan permainan ini sehingga betul-betul singkat.
    Hentikan permainan ini sebelum anak itu sendiri ingin menghentikannya.

    Bahan yang sesuai:
    a. bahan-bahan dibuat dari kertas putih yang agak kaku (karton poster)
    b. kata-kata yang dipakai ditulis dengan spidol besar
    c. tulisannya harus rapi dan jelas, model hurufnya sederhana dan konsisten
    Tahap-tahap mengajar:
    TAHAP PERTAMA : (perbedaan penglihatan)
    Mengajarkan anak anda membaca dimulai menggunakan hanya lima belas kata saja. Jika anak anda sudah mempelajari 15 kata ini, dia sudah siap untuk melangkah ke perbendaharaan kata-kata lain.
    1. Ukuran karton : tinggi 15 cm, panjang 60 cm
    2. Ukuran huruf, tinggi 12,5 cm dan lebar 10 cm, serta setiap huruf berjarak
    kira-kira 1,25 cm
    3. Huruf berwarna merah
    4. Gunakan huruf kecil (bukan huruf kapital)
    5. Buatlah hanya 15 kata, misal : IBU (UMMI/MAMA/BUNDA), BAPAK
    (ABI/PAPA/AYAH)
    6. Ke-15 kata-kata pertama harus terdiri dari kata-kata yang paling dikenal dan
    paling dekat dengan lingkungannya yaitu nama-nama anggota keluarga,
    binatang peliharaan, makanan kesukaan, atau sesuatu yang dianggap penting
    untuk diketahui oleh sang anak.
    Hari Pertama
    Gunakan tempat bagian rumah yang paling sedikit terdapat benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian, baik pendengarannya maupun penglihatannya. Misalnya, jangan ada radio yang dibunyikan.
    1. Tunjukkan kartu bertuliskan IBU/AYAH atau yang lainnya
    2. Jangan sampai ia dapat menjangkaunya
    3. Katakan dengan jelas ‘ini bacaannya IBU/AYAH’
    4. Jangan jelaskan apa-apa
    5. Biarkan dia melihatnya tidak lebih dari 1 detik
    6. Tunjukkan 4 kartu lainnya dengan cara yang sama
    7. Jangan meminta anak mengulang apa yang anda ucapkan
    8. Setelah kata ke-5, peluk, cium dengan hangat dan tunjukkan kasih sayang
    dengan cara yang menyolok
    9. Ulangi 3 kali dengan jarak paling sedikit 1,5 jam
    Hari Kedua
    1. Ulangi pelajaran dasar hari pertama 3 kali
    2. Tambahkan lima kata baru yang harus diperlihatkan 3 kali sepanjang hari
    kedua. Jadi ada 6 pelajaran
    3. Jangan lupa menunjukkan rasa bangga anda
    4. Jangan lakukan test, belum waktunya !
    Hari Ketiga
    1. Lakukan seperti hari ke-2
    2. Tambahkan lima kata baru seperti hari kedua sehingga menjadi 9 pelajaran
    Hari keempat, kelima, keenam ulangi seperti hari ketiga tanpa menambah kata-kata baru.
    Hari Ketujuh
    Beri kesempatan pada anak untuk memperlihatkan kemajuannya:
    1. Pilih kata kesukaannya
    2. Tunjukkan kepadanya dan ucapkan denga jelas ‘ini apa?’
    3. Hitung dalam hati sampai sepuluh, Jika anak anda mengucapkan, pastikan
    anda gembira dan tunjukkan kegembiraan anda Jika anak anda tidak
    memberikan jawaban atau salah, katakan dengan gembira apa bunyi kata itu
    dan teruskan pelajarannya.
    Ancaman
    Kebosanan adalah satu-satunya ancaman. Jangan sampai anak menjadi bosan. “Mengajarnya terlalu lambat akan lebih cepat membuatnya bosan daripada mengajarnya terlalu cepat”
    Pada tahap pertama ini, dua hal luar biasa telah anda lakukan:
    1. Dia sudah melatih indera penglihatan, dan yang lebih penting: dia telah melatih
    otaknya cukup baik untuk dapat membedakan bentuk tulisan yang satu dengan
    yang lainnya.
    2. Dia sudah menguasai salah satu bentuk abstraksi yang paling luar biasa dalam
    hidupnya: dia dapat membaca kata-kata. Hanya ada satu lagi abstraksi besar
    harus dikuasainya, yaitu huruf-huruf dalam abjad.
    TAHAP KEDUA : (kata-kata diri)
    Kita mulai mengajarkan anak membaca dengan menggunakan kata-kata ‘diri’ karena anak memang mula-mula mempelajari badannya sendiri.
    1. Ukuran karton 12,5 tinggi dan 60 cm panjang
    2. Ukuran huruf 10 cm tinggi dan 7,5 cm lebar dengan jarak 1 cm
    3. Huruf dan warna seperti tahap pertama
    4. Buat 20 kata-kata tentang dirinya, misalnya: tangan kaki gigi jari kuku lutut
    mata perut lidah pipi kuping dagu dada leher paha siku hidung jempol rambut
    bibir
    5. Dari 3 kelompok kata masing-masing 5 kata di tahap awal, ambil
    masing-masing 1 kata lama dan tambahkan dengan 1 kata baru di tahap kedua
    6. Dari 20 kata baru pada tahap kedua, ambil 10 kata dan jadikan 2 kelompok kata
    masing-masing 5 kata
    7. Jadi sekarang anda memiliki:
    - 3 kelompok kata dari tahap pertama yang sudah ditambah kata-kata baru
    - 2 kelompok kata baru dari tahap kedua
    - total 5 kelompok kata = 25 kata
    8. Lakukan seperti tahap pertama
    9. Setelah 5 hari ganti 1 kata dari masing-masing kelompok dengan kata baru,
    sehingga anak mempelajari 5 kata baru.
    10. Setelah itu setiap hari ganti 1 kata lama dari masing-masing kelompok data
    dengan 1 kata baru. Dengan demikian setiap hari anak belajar 5 kata baru
    masing-masing satu dalam setiap kelompok kata, dan 5 kata lama diambil
    setiap harinya.
    TIPS:
    1. Usahakan jangan ada 2 kata yang dimulai dengan yang sama secara berurutan,
    misalnya ‘lidah’ dengan ‘lutut’
    2. Anak-anak usia 6 bulan sudah bisa diajarkan. Lakukan dengan cara yang persis
    sama kalau anda mengajarnya berbicara
    3. Ingat, membaca bukan berbicara
    4. Usaha mengajar bayi membaca dapat membaca dapat mempercepat berbicara
    dan memperluas perbendaharaan kata.
    TAHAP KETIGA : (kata-kata ‘rumah’)
    Sampai tahap ini, baik orang tua maupun anak harus melakukan permainan membaca ini dengan kesenangan dan minat besar. Ingatlah bahwa anda sedang menanamkan cinta belajar dalam diri anak anda, dan kecintaan ini akan berkembang terus sepanjang hidupnya. Lakukan permainan ini dengan gembira dan penuh semangat.
    1. Ukuran karton 7,5 cm tinggi dan 30 cm panjang
    2. Ukuran huruf 5 cm tinggi dan 3,5 cm lebar dengan jarak lebih dekat
    3. Huruf dan warna seperti tahap tahap kedua
    4. Terdiri dari nama-nama benda di sekeliling anak serta lebih dari 2 suku kata,
    misalnya: kursi, meja, dinding, lampu, pintu, tangga,jendela, dll
    5. Gunakan cara pada tahap kedua dengan setiap hari menambah 5 kata baru dari
    tahap ke tiga
    6. Setelah kata benda, masukkan kata milik, misalnya: piring, gelas,
    topi, baju, jeruk, celana,sepatu, dll.
    7. Setelah itu masukkan kata perbuatan, misalnya: duduk,berdiri, tertawa,
    melompat, membaca, dll
    8. Pada tahap kata perbuatan , agar lebih menarik, sambil menunjukkan kata
    tersebut, anda praktekkan sambil katakana ‘Ibu melompat’, ‘kakak melompat’,
    dsb
    TAHAP KEEMPAT :
    1. Ukuran kartu 4 cm tinggi dan 20 cm panjang
    2. Ukuran huruf 5 cm
    3. Huruf kecil, warna hitam
    4. Tunjukkan kata demi kata seperti tahap sebelumnya lalu gabungkan misalnya
    ‘ini’ dan kata ‘bola’ menjadi ‘ini bola’.
    5. Lakukan beberapa kata beberapa kali setiap hari.
    TAHAP KELIMA : (susunan kata dalam kalimat)
    1. Pilihkan buku sederhana dengan syarat :
    Perbendaharaan kata tidak lebih dari 150 kata Jumlah kata dalam 1 halaman
    tidak lebih dari 15-20 kata
    Tinggi huruf tidak kurang dari 5 mm
    Sedapat mungkin teks dan gambar terpisah.
    Carilah yang mendekati persyaratan tersebut
    2. Salinlah kata-kata yang ada setiap halaman tersebut ke dalam satu kartu
    kira-kira ukuran 1 kertas A4. Huruf hitam, ukuran tinggi huruf 2,5 cm. Jumlah
    kartu ’susunan kata-kata’ sama dengan jumlah halaman buku. Ukuran kartu
    harus sama walaupun jumlah kata tidak sama. Sekarang anda sudah
    mempunyai kartu-kartu dengan kata-kata yang ada dalam setiap halaman buku
    yang akan dibaca anak. Lubangi sisi kartu-kartu untuk dijilid menjadi sebuah
    buku yang isinya sama namun ukurannya lebih besar.
    3. Bacakan kartu demi kartu pelan-pelan, sehingga anak belajar kalimat demi
    kalimat.
    4. Bacakan dengan ekspresi sesuai dengan kalimat bacaan.
    5. Lakukan secara rutin, minimal 5 kartu sebanyak 3 kali selama 5 hari.
    6. Ketika membaca kartu pada hari lainnya, kartu yang lama sebaiknya diulang.
    Setelah selesai kartu-kartu dibaca, simpanlah beurutan di dalam sebuah map
    atau dibinding deperti buku.
    7. Pada saat selesai 1 buku, berilah ijazah yg ditandatangani ibu, yg menyatakan
    bahwa pada hari ini, tanggal ini, pada usia anak sekian, telah selesai dibaca
    buku ini.
    TAHAP KEENAM : (susunan kata dalam kalimat)
    Pada tahap ini, anak sudah siap membaca buku yg sebenarnya, karena dia sudah 2 kali melakukan hal itu. Perbedaan ukuran huruf dari 5 cm (Tahap 4), 2,5 cm (Tahap 5) dan 5 mm (Tahap 6 ini) adalah sangat berarti khususnya bagi anak yang masih sangat muda, karena itu juga berarti anda membantu mendewasakan dan memperbaiki indera penglihatannya.
    Kunci Keberhasilan
    1. Jangan membosankan anak
    2. Jangan memaksa anak
    3. Jangan tegang
    4. Jangan mengajarkan abjad terlebih dahulu
    5. Bergembiralah
    6. Ciptakan cara baru
    7. Jawablah semua pertanyaan anak
    8. Berilah buku bacaan yang bermutu
    Penutup
    Pada dasarnya anak memiliki kemampuan yang luar biasa, khususnya pada usia yg semakin kecil. Hanya diperlukan perhatian, kemauan,ketekunan serta yang utama kasih sayang orangtua untuk membuatnya mampu mengeluarkan potensinya yg luar biasa tsb.
    Keinginan orangtua pada umumnya adalah :
    1. Menginginkan anak mereka bahagia di dalam hidupnya dengan
    menjadikan anak mereka tangguh dan siap bersaing.
    2. Untuk itu dibutuhkan anak yg cerdas baik rasional maupun
    emosional serta rasa ingin tahu yang besar.
    3. Anak dapat diketahui rasa ingin tahunya yang besar dari banyaknya
    pertanyaan yg diajukannya.
    4. Untuk memuaskan rasa ingin tahunya, anak harus dibimbing supaya
    suka membaca.
    5. Agar anak suka membaca, dibutuhkan kemampuan membaca dan sarana
    untuk membaca yang tidak lepas dari buku.
    Jadi, dengan buku yg merupakan “JENDELA ILMU”, anak akan mampu membuka cakrawala kehidupan masa depannya dengan keceriaan.
    “Selamat berkarya untuk anak-anak tercinta !”
    Sumber: Buku “Mengajar Bayi Membaca” - Glenn Doman

    ReplyDelete
  6. PETE SI PENAWAR HERBA
    Selain berbau, pete ternyata banyak gunanya lebih dari yang kita bayangkan! berikut adalah kegunaan pete
    Depresi
    Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.
    PMS (premenstrual syndrome)
    Jika mengalami PMS saat ‘ tamu ‘ datang , kamu ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah , yang dapat membantu mood.

    Anemia
    Dengan kandungan zat besi yang tinggi , pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

    Tekanan darah tinggi
    Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium , tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

    Kemampuan otak
    200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan , istirahat , dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

    Sembelit
    Karena kandungan serat yang tinggi , maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan ,membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus
    kembali ke laksativ..

    Obat mabuk
    Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milkshake pete , yang
    dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh , sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. Selain tentu saja karena baunya yang embangunkan dari mabuk
    Kekenyangan
    Pete memiliki efek antasid pada tubuh , sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan ,cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.
    Mual di pagi hari
    Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.
    Gigitan nyamuk
    Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk , coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.
    Untuk saraf
    Pete mengandung vitamin B dalam jumlah besar , sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.
    Kegemukan
    Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit , peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.
    Laporan menyimpulkan bahwa , untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik , kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi
    karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap.

    Luka lambung
    Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus.
    Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.
    Mengatur suhu tubuh
    Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah ‘ dingin ‘ yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya , ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.
    Pete tu mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa , fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Nah..kombinasi ini , ternyata bikin kita jadi sangat bertenaga!
    Riset membuktikan dua porsi pete aja..mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.
    Makanya , tau ga sih kalo makanan ini tu kesukaannya para atlet top!
    Selain itu , pete juga banyak gunanya. Bisa juga ngebantu ngobatin beberapa penyakit. Check this out! (dari berbagai sumber).
    -Depresi-
    Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.
    -PMS (premenstrual syndrome)-
    Jika mengalami PMS saat ‘ tamu ‘ datang , kamu ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah , yang dapat membantu mood.
    -Anemia-
    Dengan kandungan zat besi yang tinggi , pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.
    -Tekanan darah tinggi-
    Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium , tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
    -Kemampuan otak-
    200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan , istirahat , dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.
    -Sembelit-
    Karena kandungan serat yang tinggi , maka pete akan
    mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan ,
    membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus
    kembali ke laksativ..
    -Obat mabuk-
    Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan
    “penyakit” mabuk adalah milkshake pete , yang
    dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan
    perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar
    gula darah yang jatuh , sedangkan susu akan menenangkan
    dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.
    -Kekenyangan-
    Pete memiliki efek antasid pada tubuh , sehingga bila
    dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan ,
    cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.
    -Mual di pagi hari-
    Makan pete diantara jam makan akan menolong
    mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.
    -Gigitan nyamuk-
    Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk , coba untuk
    menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian
    dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa
    gatal dan bengkak dengan cara ini.
    -Untuk saraf-
    Pete mengandung vitamin V dalam jumlah besar , sehingga
    akan membantu menenangkan sistem saraf.
    -Kegemukan-
    Penelitian di Institute of Psychology Austria
    menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan
    orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti
    coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien
    di rumah sakit , peneliti menemukan bahwa kebanyakan
    orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.
    Laporan menyimpulkan bahwa , untuk menghindari nafsu
    memakan makanan karena panik , kita butuh mengendalikan
    kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi
    karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan
    kadarnya tetap.
    -Luka lambung-
    Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat
    pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus.
    Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat
    dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus
    yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam
    lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi
    permukaan dalam lambung.
    -Mengatur suhu tubuh-
    Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah
    ‘ dingin ‘ yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi
    ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda
    misalnya , ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan
    agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.
    Seasonal Affective Disorder (SAD) (penyakit emosional yang kacau)
    Pete dapat membantu penderitas SAD kerena mengandung pendorong mood alami , tryptophan.
    Merokok
    Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya , bersama dengan kalium dan magnesium , membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin
    Stress
    Kalium adalah mineral penting , yang membantu untuk menormalkan detak jantung , mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress , kecepatan metabolisme kita akan meningkat , sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.
    Stroke
    Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine , ” makan pete sebagai bagian dari makanan
    sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.
    Caplak
    Mereka yang suka berpaling pada pengobatan alami akan berani bersumpah , jika kamu ingin mematikan caplak , maka ambil sepotong pete , dan letakkan di caplak itu. Tetap pertahankan pete itu dengan menggunakan plester!
    Pete dapat membantu penderitas SAD kerena mengandungpendorong mood alami , tryptophan.
    Merokok
    Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya , bersama dengan kalium dan magnesium , membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin
    Stress
    Kalium adalah mineral penting , yang membantu untuk menormalkan detak jantung , mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress , kecepatan metabolisme kita akan meningkat , sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.
    Stroke
    Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine , ” makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.
    Caplak
    Jika kamu ingin mematikan caplak , maka ambil sepotong pete , dan letakkan di caplak itu.
    Tetap pertahankan pete itu dengan menggunakan plester!

    ReplyDelete
  7. F I L A R I A S I S

    Filariasis adalah penyakit menular ( Penyakit Kaki Gajah ) yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun ( kronis ) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Akibatnya penderita tidak dapat bekerja secara optimal bahkan hidupnya tergantung kepada orang lain sehingga memnjadi beban keluarga, masyarakat dan negara. Di Indonesia penyakit Kaki Gajah tersebar luas hampir di Seluruh propinsi. Berdasarkan laporan dari hasil survei pada tahun 2000 yang lalu tercatat sebanyak 1553 desa di 647 Puskesmas tersebar di 231 Kabupaten 26 Propinsi sebagai lokasi yang endemis, dengan jumlah kasus kronis 6233 orang. Hasil survai laboratorium, melalui pemeriksaan darah jari, rata-rata Mikrofilaria rate (Mf rate) 3,1 %, berarti sekitar 6 juta orang sudah terinfeksi cacing filaria dan sekitar 100 juta orang mempunyai resiko tinggi untuk ketularan karena nyamuk penularnya tersebar luas. Untuk memberantas penyakit ini sampai tuntas

    WHO sudah menetapkan Kesepakatan Global ( The Global Goal of Elimination of Lymphatic Filariasis as a Public Health problem by The Year 2020 (. Program eliminasi dilaksanakan melalui pengobatan missal dengan DEC dan Albendazol setahun sekali selama 5 tahun dilokasi yang endemis dan perawatan kasus klinis baik yang akut maupun kronis untuk mencegah kecacatan dan mengurangi penderitanya. Indonesia akan melaksanakan eliminasi penyakit kaki gajah secara bertahap dimulai pada tahun 2002 di 5 kabupaten percontohan. Perluasan wilayah akan dilaksanakan setiap tahun. Penyebab penyakit kaki gajah adalah tiga spesies cacing filarial yaitu; Wucheria bancrofti, Brugia malayi dan Brugia timori. Vektor penular : Di Indonesia hingga saat ini telah diketahui ada 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes & Armigeres yang dapat berperan sebagai vector penular penyakit kaki gajah.

    Cara Penularan :
    Seseorang dapat tertular atau terinfeksi penyakit kaki gajah apabila orang tersebut digigit nyamuk yang infektif yaitu nyamuk yang mengandung larva stadium III ( L3 ). Nyamuk tersebut mendapat cacing filarial kecil ( mikrofilaria ) sewaktu menghisap darah penderita mengandung microfilaria atau binatang reservoir yang mengandung microfilaria. Siklus Penularan penyakit kaiki gajah ini melalui dua tahap, yaitu perkembangan dalam tubuh nyamuk ( vector ) dan tahap kedua perkembangan dalam tubuh manusia (hospes) dan reservoair.
    Gejala klinis Filariais Akut adalah berupa ; Demam berulang-ulang selama 3 ? 5 hari, Demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat ; pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah lipatan paha, ketiap (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit ; radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis) ; filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah ; pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema). Gejal klinis yang kronis ; berupa pembesaran yang menetap (elephantiasis) pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar (elephantiasis skroti).

    Diagnosis
    Filariasis dapat ditegakkan secara Klinis ; yaitu bila seseorang tersangka Filariasis ditemukan tanda-tanda dan gejala akut ataupun kronis ; dengan pemeriksaan darah jari yang dilakukan mulai pukul 20.00 malam waktu setempat, seseorang dinyatakan sebagai penderita Filariasis, apabila dalam sediaan darah tebal ditemukan mikrofilaria. Pencegahan ; adalah dengan berusaha menghindarkan diri dari gigitan nyamuk vector ( mengurangi kontak dengan vector) misalnya dengan menggunakan kelambu bula akan sewaktu tidur, menutup ventilasi rumah dengan kasa nyamuk, menggunakan obat nyamuk semprot atau obat nyamuk baker, mengoles kulit dengan obat anti nyamuk, atau dengan cara memberantas nyamuk ; dengan membersihkan tanaman air pada rawa-rawa yang merupakan tempat perindukan nyamuk, menimbun, mengeringkan atau mengalirkan genangan air sebagai tempat perindukan nyamuk ; membersihkan semak-semak disekitar rumah.

    Pengobatan :
    secara massal dilakukan didaeah endemis dengan menggunakan obat Diethyl Carbamazine Citrate (DEC) dikombinasikan dengan Albenzol sekali setahun selama 5 ? 10 tahun, untuk mencegah reaksi samping seperti demam, diberikan Parasetamol ; dosis obat untuk sekali minum adalah, DEC 6 mg/kg/berat badan, Albenzol 400 mg albenzol (1 tablet ) ; pengobatan missal dihentikan apabila Mf rate sudah mencapai < 1 % ; secara individual / selektif; dilakukan pada kasus klinis, baik stadium dini maupun stadium lanjut, jenis dan obat tergantung dari keadaan kasus.

    ReplyDelete

Please Write Down Your Problems Here